Kamis, 18 Juni 2009

KOMUNITAS KOMIK INDONESIA DI PEKAN PRODUK KREATIF INDONESIA 2009

Kabar gembira nich buat para pecinta komik Indonesia... akan ada event besar yang akan di gelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat, 25 Juni 2009 nanti.
Berikut adalah description dari Surjorimba Suroto, koordinator acaranya: (maaf co-pas ^^)

***
Jika pada tahun sebelumnya (saat masih bernama Pekan Produk Budaya), seluruh komunitas komik tampil secara individu di Hall A, kini di Pekan Produk Kreatif 2009 semuanya tampil membawa satu bendera: Komunitas Komik Indonesia. Pada penyelenggaraan tahun ini, Komunitas Komik Indonesia dipercaya untuk bergabung dengan para raksasa industri kreatif di Lobby Utama, booth #29. Di sektor Penerbitan dan Percetakan, Komunitas Komik Indonesia berdampingan dengan Kompas, Mizan, Elex Media Komputindo, Agro Media Pustaka, Koran Anak Berani, Harian Bisnis Indonesia, Dian Rakyat, dan Ganeca Exact, serta menjadi satu-satunya komunitas yang tampil di sektor Penerbitan dan Percetakan di lobby utama. Mereka yang hadir di lobby utama akan dikunjungi Presiden RI, seusai acara pembukaan PPKI pada hari Kamis, 25 Juni 2009.

PPKI 2009 menjadi arena banyak komikus, komunitas komik, dan penerbit komik indie/ small publishing untuk tampil di bawah satu atap. Tidak lagi terpisah atas genre, kiblat, atau kelompok, semuanya bersatu dengan tujuan mempromosikan komik Indonesia ke hadapan masyarakat. Sudah terlalu lama dan sering kita mendengar "komik Indonesia sudah mati", "komik Indonesia kalah bersaing dengan komik Jepang", dll. PPKI 2009 adalah ajang yang tepat untuk kembali membuka mata dan telinga masyarakat bahwa komik Indonesia tetap ada dan terus berkembang. Ada banyak kemajuan dalam dunia komik Indonesia yang belum diketahui bangsa kita sendiri.

"Menjadikan Budaya dan Teknologi sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia", begitu tagline yang dipakai di PPKI 2009. Berangkat dari semangat ini, Komunitas Komik Indonesia menyelenggarakan beberapa kegiatan:

1. Pengenalan Proses Membuat Komik, agar pengunjung memahami tahapan membuat komik yang biasa dilakukan oleh para komikus, termasuk riset dalam komik.

2. Perjalanan Panjang Komik Indonesia, dimana pengunjung dapat mengetahui berbagai prestasi dan peristiwa penting dalam sejarah komik Indonesia sejak tahun 1931 hingga 2009.

3. Konsultasi Komik, dimana pengunjung dapat berkonsultasi langsung kepada komikus tentang seluk-beluk dunia komik. Bawa karya mu untuk dapat dimintakan saran dari para komikus yang sudah terbukti kiprahnya. Anda juga dapat berfoto dan minta tanda tangan para komikus yang hadir:

Jum'at 26 Juni 2009
10.00-12.00 Shirley (komikus Sang Sayur/ Splash Magz)
12.00-14.00 Ariela 'Rie' Kristantina (komikus The Trails of The Midnight Bunny/ Splash Magz)
14.00-16.00 Wahyu Hidayatz (komikus Understanding Love dan Brasta Seta/ Cendana Art Media)
16.00-18.00 Wisnoe Lee (komikus Gibug dan Oncom)

Sabtu 27 Juni 2009
10.00-12.00 Gita (komikus Splash Magz)
12.00-14.00 Wahyu Sugianto (komikus Merdeka/ Orange Publishing)
14.00-16.00 Diyan Bijac (komikus Mat Jagung/ Koran Tempo-Akademi Samali)
16.00-18.00 Is Yuniarto (komikus Knights of Apocalypse/ Wind Rider Studio)

Minggu 28 Juni 2009
10.00-12.00 Sheila Rooswitha (komikus Cerita Si Lala/ Curhat Anak Bangsa)
12.00-14.00 Ahmad Zeni (komikus Kakek Bejo/ Pragat Comic)
14.00-16.00 Marico (komikus M Production)

4. Belanja Komik, dapatkan berbagai judul komik menarik yang terbit dalam satu tahun terakhir! Anda akan terkejut mengetahui ada banyak judul komik bagus dan berkualitas yang tidak sempat ditemui di toko buku. Inilah kesempatan terbaik Anda memilikinya. Anda bahkan dapat langsung meminta tanda tangan dan berfoto langsung dengan komikusnya! Tentu saja jika Anda berjodoh dapat bertemu dengannya di PPKI 2009=).

5. Launching Komik Bareng, berupa press release dan konferensi kepada masyarakat yang berisi buku-buku komik terbaru serta promosinya. Buku komik utama yang akan diperkenalkan adalah Sawung Kampret karya Dwi Koendoro. Tentatif Minggu 28 Juni 2009, pk 12.30-14.00 (TBA).

6. SIAPAPUN BISA MEMBUAT KOMIK! sebuah visi bahwa siapapun Anda dapat membuat komik. Meskipun hanya coret-coret untuk konsumsi pribadi. Jangan khawatir orang lain mengatakan gambar Anda jelek. Itu tidak penting! Yang penting adalah gambar (dan urutan gambar) Anda mampu 'berbicara' dan 'bercerita'. Hanya ketekunan dan keseriusan yang kelak akan menyempurnakan ketrampilan Anda. Bukannya ngga mungkin 3 tahun dari sekarang semua generasi muda asyik membuat komik! Sebuah papan kertas akan disediakan di booth Komunitas Komik Indonesia (booth #29) lobby utama, dan disana akan diadakan Jam Comic Strip. Siapapun dengan bebas bisa ikut partisipasi ngomik!

Jadilah saksi ajang produk industri kreatif Indonesia! Seluruh acara komik di PPKI 2009 didukung oleh KomikIndonesia.com, Pragat Comic, Akademi Samali, Pluz+, Masyarakat Komik Indonesia (MKI), M Production, Splash Magazine, Curhat Anak Bangsa, Cendana Art Media, Banana Publishing, Cergam Center, Cergam Cakra Bintang, Wind Rider, Jagoan Comic, Orange Publishing, dan masih banyak lagi.

Hidup komik nasional!

Surjorimba Suroto
Koordinator Acara
****

Ini dia Link'nya
kami dapat invite dari facebook... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar